Senin, 06 Maret 2017

Mengenal Sherlock Holmes

Karakter yang sudah lahir dari tanggal 6 Januari 1854 ini masih merajai hati penggemarnya di era modern. Bukan hanya bukunya yang masih laris manis dengan berbagai macam cover menarik, namun masih banyak film dan serial yang terinspirasi dari buku karangan Sir Arthur Conan Doyle ini. Mulai dari Detektif Conan, serial SHERLOCK, Elementary, hingga film layar lebar berjudulkan sama, Sherlock Holmes.


Para aktor yang memainkannya seperti Robert Downey Jr. serta Benedict Cumberbatch dianggap berhasil memerankan tokoh yang digambarkan memiliki kemampuan analisis yang melebihi manusia pada umumnya. Tokoh Sherlock Holmes sangat identik dengan daya ingat dan mata yang tajam. Tak lupa jubah, pipa yang berasap, topi pemburu rusa, kaca pembesar dan sifat 'sombong'nya yang sangat khas.


Tak hanya kemampuan analisanya yang di atas rata-rata, Holmes juga terkenal cerdik, logis, pintar menyamar serta mahir dalam menggunakan ilmu forensik untuk memecahkan kasus yang dia tangani. Pertama kali, kisah tokoh ini muncul di media cetak pada tahun 1887 dan sudah ditampilkan di 4 novel dan 56 cerita pendek.


Novel pertama Sir Arthur adalah A Study in Scarlet yang mucul di Beeton's Christmas Annual pada tahun 1887. Semenjak itu novelnya diterjemahkan ke hampir semua bahasa. Pencipta karakter Sherlock Holmes pun pernah menyelesaikan petualangan Sherlock yang berjudul "Penulusuran Benang Merah" hanya dalam 3 minggu. Namun sayangnya, novel tersebut ialah karya gagal yang paling banyak ditolak oleh penerbit.


Ternyata, karakter Sherlock Holmes dulu bernama Sherling Ford. Sedangkan partnernya John Watson bernama Ormand Sacker. Namun nampaknya, nama Sherlock Holmes lebih disukai karena terinspirasi dari nama teman Sir Arthur yang bernama Sherlock.


Seperti kebanyakan novel lain, kurang afdol rasanya bila tak menambahkan sentuhan wanita. Tak seperti Dr. Watson yang membiarkan dirinya jatuh dalam keromantisan cinta, Sherlock Holmes malah merasa dia telah 'menikah' dengan pekerjaannya. Meski begitu, ia memberikan perhatian pada Irene Adler yang juga dikenal sebagai "The Woman".


Dalam serial SHERLOCK, Sherlock Holmes terlihat menaruh minatnya pada Irene Adler. Bahkan dalam film layar lebar Sherlock Holmes, Dr. Watson menyindirnya karena jatuh hati pada seorang pencuri kelas atas. Selain wanita, sebuah cerita takkan lengkap tanpa hadirnya 'arch enemy'. Musuh besar Sherlock Holmes ialah James Moriarty. Moriarty adalah seorang akademis yang luar biasa dengan latar belakang keluarga terpandang. Namun, sayangnya ia menggunakan kejeniusannya untuk berbuat kriminal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar