Senin, 06 Maret 2017

Misteri Zodiac Killer

Zodiac Killer dan Misteri Yang Tak Terungkap

Sesuai dengan sebutannya, Zodiac killer merupakan sebutan dari seorang pembunuh berantai yang sering beroperasi di daerah California Utara. Pembunuh ini mulai melakukan aksinya sekitar tahun 1960 – an, jadi kisah ini memang lumayan sudah lama sekali.

Identitas Sang pembunuh Zodiac killer belum pernah diketahui hingga saat ini. Darimana sang pembunuh berantai ini mendapat sebuah julukannya sebagai ” The Zodiac Killer ” ? Nama Zodiac killer diciptakan karena sering terdapat penyebutan kata Zodiac dalam serangkaian surat yang dikirim ke media setempat.

Tidak ada yang pernah mengetahui siapalah pengirimnya, yang jelas, di setiap  surat – surat yang dikirim itu tersimpan kriptogram dan sebuah sandi – sandi yang membingungkan. Tiga dari surat yang dikirim itu bahkan belum terselesaikan hingga saat ini. Diduga surat – surat itu berasal dari sang pembunuh Zodiac killer.

Para Korban dari Pembunuh Zodiac killer ini dibunuh di empat tempat yang berbeda, diantaranya Benicia, Vallejo, Danau Berryessa, dan Di daerah San Fransisco. Korban adalah Empat pria dan tiga wanita yang diperkirakan berumur 16 – 29 tahun dan telah menjadi korbannya antara bulan Desember 1968 sampai Oktober 1969. Sejumlah tersangka sudah ditetapkan oleh penegak hukum, namun tidak cukup nya bukti untuk membuktikan jika mereka terlibat dalam pembunuhan ini .

Kepolisian San Fransisco pun akhirnya menutup kasus ini pada tahun 2004 karena mengalami ketidakpastian dalam penyelidikan kasus ini, namun kasus ini akhirnya dibuka kembali pada tahun 2007. Kasus ini juga dibuka kembali di kota Vallejo, Napa County, dan Solano County. Bahkan Sebuah Departemen Kehakiman di California telah mengusut kasus ini sejak tahun 1969.

Dalam sebuah suratnya yang dikirim ke surat kabar lokal, penulisnya telah mengklaim sudah melakukan pembunuhan sebanyak 37 kali. Tetapi, setelah dilakukan penyelidikan oleh pihak kepolisian, hanya terdapat 7 korban yang diketahui, bahkan dua korban diantaranya selamat.

Nama Para korban itu adalah :

1. David Arthur Faraday (17) dan Betty Lou Jensen (16) Telah ditembak dan dibunuh pada tanggal 20 Desember 1968 di Area Danau Herman Road.
2. Michael Renault Megeau (19) dan Darlene Elizabeth Ferrin (22) Telah ditembak pada tanggal 4 Juli 1969 di sebuah lapangan parkir di Blue Rock Springs Park di Vallejo. Michael dapat selamat dari serangan itu, tapi Ferrin dinyatakan meninggal ketika dalam perjalanan ke rumah sakit terdekat.
3. Bryan Calvin Hartnell (20) dan Cecelia Ann Shepard (22). Kedua korban ini ditusuk di area danau Berryessa pada tanggal 27 Sepetember 1969. Bryan dapat bertahan dengan 6 luka tusukan di belakang tubuhnya, sedangkan Cecelia mendapatkan luka yang cukup parah dan tidak dapat bertahan ia dinyatakan meninggal pada tanggal 29 September 1969.
4. Paul Lee Stine (29), Telah ditembak pada tanggal 11 Oktober 1969 di lingkungan sekitar Heights Presidio, San Fransisco.

Meskipun ke 7 korban diatas tadi dapat diidentifikasi, namun muncul dugaan terdapat korban yang lain. Korban – korban pembunuhan dibawah ini diduga juga terkait dalam Korban pembunuhan Zodiac killer, meskipun sampai sekarang belum satu pun yang dapat dikonfirmasi :

1. Cheri Jo Bates (18), Korban ditusuk hingga tewas pada tanggal 30 Oktober 1966 di area Riverside Community College.
2. Robert Domingos (18) dan Linda Edwards (17) Telah ditembak hinga tewas pada tanggal 4 Juni 1966 di area pantai dekat Lompoc.

3. Kathleen Johns (22), diduga telah diculik oleh Zodiac killer pada tanggal 22 Maret 1970 di wilayah barat Modesto. ia dilaporkan berhasil melarikan diri setelah ia disekap kurang lebih selama 3 jam.

4. Donna Laas (25) dilaporkan telah menghilang oleh keluarganya pada tanggal 6 September 1970. Sebuah kartu pos yang didugadari Zodiac killer telah ditemukan disekitar tempat tinggalnya.

Pembunuhan pertama yang dilakukan oleh Zodiac killer ini diduga adalah kasus saat penembakan Betty Lou Jensen dan David Faraday yang tepatnya terjadi pada tanggal 20 Juni 1968 di area danau Herman Road, Benicia. Seperti yang dapat kita lihat dari data data para korban, entah mengapa kebanyakan dari korban Zodiac killer adalah pasangan muda mudi. Apakah mungkin ia mempunyai keadaan pisikologi yang terganggu atau semacam trauma di masa lalunya sehingga ia dapat melakukan aksinya sebagai balas dendam ? Entahlah, tidak ada yang mengetahui pasti tentang apa motif sebenarnya sang pembunuh berantai ini.

Uniknya dari kasus pembunuhan ini, Zodiac killer selalu mengirimkan surat – surat kepada media cetak setempat. Pada tanggal 1 Agustus 1969, terdapat tiga surat yang diduga berasal dari Zodiac killer yang diterima oleh Vallejo Times Herald, The San Fransisco Chronicle dan San Fransisco Examiner.

Kryptogram

Salah Satu Surat Yang Pernah dikirimkan Zodiac Killer from lettersofnote.com
Surat – surat ini berisikan tentang pembunuhan yang terjadi di area Danau Herman Road dan Bue Rock Springs. Di dalam surat ini pula berisi kriptogram dan terdapat lebih dari 400 simbol yang diduga berisikan tentang jati diri dari Zodiac killer.

Si pembuat surat ini meminta kepada media agar surat yang ia kirimkan kemedia tersebut dimuat di halaman pertama media cetak tersebut. Bila tidak dilakukan, ia pun mengancam akan melakukan pembunuhan lagi tiap malam. Akhirnya, ketiga media tersebut menerbitkan tulisan nya dengan headline surat yang diklaim dari pembunuh itu. Selama media cetak itu menerbitkan surat kabar harian dengan headline surat dari pembunuh itu, tidak pernah ada laporan terjadinya pembunuhan di daerah itu, apakah sang Zodiac killer terus mengawasinya ?
Pada tanggal 7 Agustus 1969, ada surat lain yang diterima oleh San Fransisco Examiner. Dalam salam pembuka tersebut, tertulis ” Dear Editor, This is the Zodiac speaking”. Ini adalah pertama kalinya sang penulis surat menyebut namanya dalam sebuah surat yang ditulisnya.

Surat itu segera ditanggapi oleh Chief Stiltz, dan ketika berita itu dimuat, Chief Stiltz meminta sang penulis surat atau bisa di sebut Zodiac killer memberikan sebuah rincian yang lebih detail untuk membuktikan bahwa ia benar – benar telah melakukan pembunuhan pada Faraday, Jensen, dan Ferrin.

Penulis surat yang misterius itu kemudian membalasnya dengan memberikan sebuah rincian yang sangat sama persis dengan kasus pembunuhan korban Zodiac killer tadi, namun ia pun tidak menulis banyak dalam surat balasannya itu.

Pada tanggal 8 Agustus 1969, Donald dan Bettye Harden dari California telah berhasil memecahkan Kode kriptogram dan simbol – simbol dalam surat itu. Sayangnya, mereka tidak dapat menemukan nama atau identitas sang pelaku dalam surat- surat itu.

Pada tanggal 14 Oktober 1969, The SF Chronicles kembali menerima kiriman surat dari Zodiac killer, dalam isi suratnya kali ini, ia mengancam akan melakukan penembakan kembali terhadap anak – anak sekolah.

Zodiac Killer

Pada tanggal 8 November 1969, Zodiac killer kembali mengirimkan surat. Kali ini surat itu berisi dengan tulisan kriptogram sebanyak 340 karakter.

Zodiac killer terus berkomunikasi dengan pihak yang berwenang sampai akhir tahun 1970. Ia kerap sekali menggunakan simbol – simbol yang terdapat di dalam isi suratnya.

Bahkan dalam salah satu suratnya, ia pernah menyertakan sebuah diagram bom rakitan yang akan ia gunakannya untuk meledakkan bis sekolah. Di bagian bawah surat, ia juga menyertakan simbol .The SF Chronicles menerima surat lagi pada tanggal 8 Juli 1974. Surat yang di terima ini tidak ada nama pengirimnya, hanya sebuah surat yang berisi sebuah keluhan tentang kolumnis dan telah di tanda tangani dengan “Phentom Red”, seperti lilin yang dicairkan dan ditempel dengan stempel khusus kalo pada jaman dulu.

Sejak surat itu telah diterima oleh SF Chronicles, ada beberapa surat lagi yang datang, namun surat – surat tersebut hanya dianggap sebagai ulah iseng beberapa orang saja. Jadi, bisa kita anggap surat yang datang pada tanggal 8 Juli 1974 itu merupakan surat terakhir dari pembunuh Zodiac killer, meski banyak juga orang yang meragukannya. Lalu, kemanakah Zodiac killer ?

Arthur Leign Allen adalah seorang tersangka utama yang diduga adalah Zodiac killer. Namun, sidik jarinya tidak cocok dengan sidik jari yang ditemukan pada para korban. Arthur pun meninggal pada tahun 1992 karena penyakit diabetes dan gagal ginjal. Kemudian, para penyelidik mencoba mencocokkan DNA Zodiac killer dengan DNA Arthur. DNA Zodiac killer diambil dari air liur yang berasal dari perangko yang di tempetkan pada amplop yang telah dikirim beberapa kali ke media cetak. Namun hasilnya pun kembali tidak cocok, beberapa orang berpendapat bahwa belum tentu juga DNA dari air liur yang terdapat di perangko itu berasal dari Zodiac killer.

Identitas dari Zodiac killer masih misterius hingga sekarang ini. Perilaku unik dan kekejamannya membuat beberapa orang berfikir dan menganggap Zodiac killer adalah seorang psikopat. Psikopat atau bukan, yang jelas Zodiac killer merupakan seorang tokoh misterius yang belum terungkap kebenarannya hingga hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar